https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM KELUARGA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA | Fitriastuti | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM KELUARGA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Febriani Fitriastuti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa. (2) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat  belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga dan minat belajar siswa secara bersama - sama terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 224 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 139 siswa, ditentukan berdasarkan tabel krecjie dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif interaksi sosial dalam keluarga siswa tergolong dalam kategori cukup dengan presentase 53,23%. Minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi tergolong dalam kategori cukup dengan prosentase 56,84%. Prestasi belajar ekonomi siswa tergolong dalam kategori cukup dengan prosentase 36,69%. Hasil analisis kuantitatif antara interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,841 (thitung =18,147 dengan sig < 0,05), maka dapat dikatakan signifikan, berarti hipotesis pertama diterima, pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa, sumbangan efektifnya sebesar 70,73%. Variabel minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,825 (t hitung = 16,995  dengan sig < 0,05) maka dapat dikatakan signifikan, berarti hipotesis kedua diterima, pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sumbangan efektifnya sebesar 68,06%. Berdasarkan  analisis korelasi ganda diketahui  koefisien ganda (R)  sebesar 0,915. Hasil uji  F diperoleh Fhitung sebesar 348,085 dengan sig < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa antara interaksi sosial dalam keluarga dan minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sumbangan efektifnya sebesar 83,72% dan 16,28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Minat Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: